Tips Membuat Bolu Lembut Anti Bantet! Pelajaran Dasar
Blog

Tips Membuat Bolu Lembut Anti Bantet! Pelajaran Dasar

Mungkin banyak dari kita pernah mengalami gagal dalam membuat Bolu (Cake), Uniknya kebanyakan kegagalan itu bukan dari rasa, tapi dari strukturnya yang bantet (keras). Nah bagi kalian yang masih bantet dalam membuat kue, saya akan memberikan beberapa tips membuat bolu lembut anti bantet.

Tips ini berdasarkan pengalaman pribadi serta pendapat suhu-suhu saya di bidang memasak, adapun tips membuat bolu lembut anti bantet adalah sebagai berikut:

1. Cara Membuat Adonan

Tips yang pertama adalah cara mengolah adonanya, meski kita telah mempunyai resep yang bagus tapi jika mengolahnya dengan cara yang salah maka hasilnya akan gagal.

Nah, dalam membuat bolu ada beberapa cara atau metode yang biasa digunakan. Namun saya akan mencontohkan metode yang umum digunakan.

Contohnya ketika kita membuat Chiffon Cake, maka bahan pertama yang dikocok pastinya adalah putih telur ya kan?. Sampai di sini jika kalian berhasil membuat putih telur itu mengembang berarti kue kalian 70% berhasil. Tapi jika tidak mengembang maka 100% gagal.

Beberapa faktor penyebab putih telur tidak mengembang diantaranya seperti wadah kocokan yang kotor, basah, ada bahan lain yang tercampur, kuning telur yang tercampur, atau kecepatan kocokan yang pelan.

Kemudian bagi kalian yang berhasil membuat si putih telur mengembang tetapi tetap bantet, maka kesalahan ada di proses selanjutnya. Yakni ketika “putih telur mengembang” tadi dicampurkan dengan bahan lain seperti terigu, coklat, dan mentega.

Tipsnya ketika putih telur mengembang dicampurkan dengan adonan lain, harusnya dicampur secara perlahan (dikocok pelan) dengan teknik seperti melipat (fold in).

Kenapa harus pelan dan dengan teknik melipat (fold in)?, karena jika terlalu cepat maka “si putih telur mengembang” tadi akan kempes (tidak mengembang lagi). Serta teknik “fold in” bertujuan agar proses pengocokan tidak menimbulkan kekempesan putih telur tadi. Singkatnya teknik ini akan memasukan udara ke dalam adonan yang membantu proses pengembangan.

Selain hal tadi, ada juga yang penting untuk kalian perhatikan yakni manajemen waktu. Karena perlu kalian ketahui, bahwa adonan jika dibiarkan terlalu lama (tidak segera dipanggang) maka akan kempes sehingga nantinya jadi bantet.

Oleh sebab itu sebelum mengolah adonan bolu, ada baiknya kalian memanaskan oven dan menyiapkan loyangnya.

2. Proses Pemanggangan

Salah satu faktor lainnya dari keberhasilan membuat bolu (cake) adalah saat proses pemanggangannya. Sebab jika suhunya terlalu tinggi maka akan gosong atau bahkan hanya matang luarnya saja.

Bahkan berdasarkan pengalaman saya, jika suhu oven terlalu tinggi kadang bolu memang bisa mengembang, tapi setelah dikeluarkan dari oven tiba-tiba kempes dan bantet.

Namun jika suhu terlalu rendah pun kadang nantinya bolu jadi tidak mengembang sama sekali, walaupun matang dan rasanya enak.

Oleh sebab itu pastikan suhu serta waktu memanggang sesuai dengan resep yang kalian punya.

Lalu bagaimana jika telah mengikuti resep tapi tetap bantet atau gagal?. Tenang saya akan beri tipsnya berdasarkan pengalaman saya selama ini.

Yang pertama adalah “suhu yang digunakan”, biasanya saya membuat bolu apapun dari mulai brownies, bolu pandan dan lainnya selalu menggunakan suhu 165 derajat celcius. Tapi cara ini saya lakukan jika tidak ada keterangan suhu pada resep yang digunakan.

Baca Juga: Resep Bolu Pisang Lembut dan Enak

Kemudian “tips waktu memanggang”, ketika sudah mentok biasanya saya tidak memakai waktu ketika memanggang bolu.

Contohnya saya pernah membuat brownies kemudian dipanggang dalam oven selama 15 menit saja. Tapi saat proses pemanggangan tersebut, setiap 10 menit sekali saya selalu cek kematangan bolu.

Biasanya saya menggunakan tusuk sate kemudian ditusukan ke bolu untuk mengecek kematangan bagian dalamnya. Jika masih terbawa adonan basahnya ketika tusuk sate tadi diangkat, maka 100% adonan belum matang. Tapi jika sebaliknya maka adonan telah matang.

Jika adonan belum matang saya akan menambahkan waktu pemanggangan selama 5 menit, jika masih belum matang tambah lagi waktunya. Terus seperti itu hingga adonan menjadi sebuah bolu enak nan lembut.

Nah jika dalamnya telah matang maka otomatis bagian luar bolu pun telah matang, sehingga kalian tidak perlu lagi mengecek kematangan luarnya.

Itulah dua tips membuat bolu lembut anti bantet yang saya bisa bagikan kepada kalian. Tips tadi saya tulis berdasarkan pengalaman pribadi selama ini, serta ada juga beberapa ilmu yang saya dapat ketika sekolah memasak. Walaupun hanya dua tips, tetapi hal tadi adalah dasar yang harus dipahami saat membuat bolu. Karena pada dasarnya semua bolu bisa dimasak menggunakan metode yang sama (jika kalian cermat).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.