18 Metode Memasak yang Harus Kamu Tahu!
Blog

18 Metode Memasak yang Harus Kamu Tahu!

Dalam memasak terdapat banyak metode yang bisa kita gunakan, salah satunya adalah menggoreng. Namun selain itu masih banyak macam-macam metode memasak lainnya yang harus kamu tahu.

Karena semakin banyak kita mengetahui metode memasak, maka semakin banyak pula cara kita untuk berkreasi membuat makanan. Lalu metode apa saja itu? berikut daftarnya!.

1. Rebus/Merebus

Metode merebus atau “Boiling” adalah teknik memasak bahan makanan dalam cairan yang dipanaskan hingga mencapai Titik Didih (1000C.). Cairan tersebut bisa air, susu, santan, atau lainnya.

Dalam ilmu memasak teknik ini terbagi lagi menjadi tiga yakni:

  • Film Boiling, selama proses perebusan yang mengalami penguapan, lalu sumber panas dihentikan tiba-tiba. Uap yang ada di atas permukaan cairan dinamakan “Film Boiling”.
  • Transition Boiling, perebusan tidak stabil karena suhu yang diubah-ubah antara suhu maksimum dan minimum.
  • Nucleate Boiling, perebusan yang baru dimulai saat mulai tampak gelembung air di permukaan.

2. Kukus/Mengukus

Dikenal juga dengan nama Steaming, seperti namanya mengukus adalah proses memasak dengan panas uap air. Alat yang digunakan pun khusus karena terbagi menjadi dua bagian, yang bawah di isi dengan air kemudian bagian atas untuk bahan yang akan dimasak.

Diantara kedua bagian tersebut, ada sebuah pemisah yang memiliki lubang-lubang kecil. Lubang tersebut berfungsi sebagai jalan masuk uap air dari bawah ke atas.

3. Menggulai

Dikenal juga dengan nama “Stewing”, merupakan sebuah teknik memasak bahan makanan padat dalam cairan, kemudian disajikan tanpa dikeringkan. Cairan yang digunakan bisa air, santan, kaldu, dan lain sebagainya.

Cairan yang digunakan harus berbumbu dan dimasak dengan api sedang serta sering diaduk.

4. Braising

Merupakan teknik memasak dengan cara merebus tetapi air yang digunakan sedikit. Saat menggunakan teknik ini bahan makanan terlebih dahulu di panggang kemudian diberi cairan lalu direbus dengan suhu rendah menggunakan panci tertutup.

5. Poaching

Adalah teknik merebus bahan makanan yang dilakukan secara perlahan, sehingga suhu yang digunakan pun sedang. Selain itu, biasanya cairan yang digunakan tidak terlalu banyak, asal menutupi bahan makanan yang direbus saja.

6. Blanching

Atau dikenal juga dengan sebutan “Blansir” merupakan teknik merebus sayur maupun buah dengan waktu singkat. Teknik ini biasanya digunakan dalam proses “persiapan” sayur atau buah yang akan diolah kembali menjadi makanan lain.

7. Simmering

Sebuah teknik merebus makanan dalam cairan dengan “titik didih” yang dijaga rata-rata pada suhu 1000C. Teknik ini memakan waktu yang lebih lama dibandingkan teknik merebus biasa.

8. Pressure Cooking

Metode memasak menggunakan panci khusus yang dibuat tertutup rapat agar udara atau cairan di dalamnya tidak dapat keluar. Air yang mendidih akan menguap dan menciptakan tekanan dalam panci. Sehingga makanan yang dihasilkan biasanya akan lebih lembut akibat adanya tekanan tadi.

Baca Juga: Tips Membuat Bolu Lembut Anti Bantet! Pelajaran Dasar

9. Roasting

Adalah teknik memasak menggunakan panas kering dari nyala api terbuka, bahan makanan biasanya akan sering diaduk.

10. Grilling

Metode memasak yang menggunakan panas langsung ke bahan makanan, panas bisa bersumber dari arang, listrik, maupun gas.

11. Baking

Merupakan metode memasak menggunakan panas kering yang dihantarkan melalui udara. Alat yang digunakan untuk teknik ini adalah oven.

12. Frying

Seperti namanya, teknik ini menggunakan minyak atau lemak yang dipanaskan dengan suhu sekitar 175-1900C untuk menggoreng bahan makanan.

13. Deep Frying

Teknik menggoreng makanan menggunakan minyak banyak, hingga bahan makanan terendam dalam minyak.

14. Stir Frying

Metode menggoreng bahan makanan dengan cepat pada suhu tinggi menggunakan minyak yang sedikit. Bahan makanan akan terus diaduk atau di balikan untuk mencegah gosong.

15. Pan Frying

Teknik menggoreng bahan makanan dengan minyak sedikit dengan suhu sedang untuk mempertahankan kelembapan makanan. Alat yang digunakan basanya adalah pan penggorengan.

16. Sauteing

Sama seperti teknik sebelumnya, teknik ini menggunakan sedikit minyak atau lemak. Singkatnya sautéing adalah metode memasak “Tumis” atau “Menumis”.

17. Shallow Frying

Bahan makanan yang dimasak menggunakan teknik ini harus berjumlah sedikit dengan minyak atau lemak sudah dipanaskan terlebih dahulu. Jumlah minyak atau lemak yang digunakan pun sedikit.

18. Bain Marie

Sebuah metode memasak menggunakan 2 panci berukuran beda, panci pertama lebih besar dan diisi air kemudian panci kedua berisi bahan makan.

Ketika menggunakan metode ini panaskan terlebih dahulu panci pertama hingga air di dalamnya mendidih, kemudian tumpuk panci kedua di atas air panci pertama lalu masukan bahan yang akan di lelehkan.

Biasanya teknik ini digunakan untuk melelehkan coklat, mentega, dan lain sebagainya. Itulah beberapa metode memasak yang harus kalian ketahui, sebab akan mempengaruhi kreasi kalian dalam membuat sebuah makanan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.